jump to navigation

Persiapkan Motor Sebelum Mudik 16 Juli, 2014

Posted by proud2ride in Safety, Tips & Trik.
trackback

Tips-Rawat-Motor-Sebelum-Mudik
Bukan cuma kondisi fisik pengendara yang mesti prima, kesehatan motor juga harus sehat sebelum melakoni perjalanan mudik. Beberapa persiapan juga wajib dilakukan guna menunjang performa tunggangan selama perjalanan.

Untuk motor bebek atau sport, ada beberapa bagian yang mesi dicek fungsinya. Periksa jarak main bebas rantai roda antara atas dan bawah, di tengah-tengah kedua cakra rantai. Tegangan rantai harus disetel sedemikian rupa sehingga memungkinkan pergerakan vertikal apabila didorong dengan jari tangan sebesar 15 – 25 mm.

Periksa gearnya, jika sudah terlihat aus, sebaiknya diganti, untuk menghindari terjadinya lepas/putus di jalan.Sebaiknya dilakukan oleh mekanik yang berpengalaman menghindari tegangan rantai kurang/berlebihan yang berakibat rantai bisalepas/putus.

ŒSedangkan untuk skutik ada beberapa bagian yang harus diperhatikan dan harus diperiksa, yakni van belt, roller, busi, filter udara dan oli gardan. Bila jarak tempuh sudah mencapai 17.000km sebaiknya filter udara segera diganti.Janganlupagantioligardan (gear oil), Cuma 100-140 mL saja, tapi roda gigi lebih aman dari keausan.

Perhatikan juga bagian-bagian ini :

1. Service motor 1 atau 2 minggu sebelum mudik. Service dilakukan agar motor bisa diajak kompromi dalam menempuh perjalanan jauh.

2. Untuk motor karburator sebaiknya bersihkan kerak yang ada di dalam karburator, pilot jet, main jet. Kalau perlu ganti filter udara dengan yang baru. Ini agar pembakaran menjadi lebih oprimal. Sementara untuk motor injeksi, cukup melakukan pengecekan sistem FI-nya saja.

3. Lakukan penggantian oli. Oli baru di akan menambah kenyamanan terlebih untuk melakoni perjalanan jauh. Ingat, sesuaikan oli dengan kebutuhan motor anda seperti SAE dan juga standarisasinya API Service atau JASO-nya.

4. Periksa juga kondisi busi. Jika ujung busi sudah menghitam dan dipenuhi kerak karbon, lebih baik ganti dengan yang baru.

5. Periksa juga kondisi ban apakah masih bagus kembangannya dan tidak ada benjolan diseluruh area ban dan tidak bocor.

6. Bearing roda juga patut diperiksa. Kalau roda terasa goyang, kemungkinan ada perluru didalam bearing yang sudah rusak.

7. Ganti brake pad dengan yang baru. Ini dilakukan agar perjalanan mudik anda terasa lebih aman karena kondisi pengereman yang baik pula. Mudah-mudahan perjalanan mudik sodara bikers aman dan jangan lupa untuk taat peraturan lalu lintas ya…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 792 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: