jump to navigation

Mengapa Ada SOHC 2 Klep, 3 Klep Sampai 4 Klep…??? #DOHC vs SOHC (4) 29 Januari, 2013

Posted by proud2ride in General, Teknologi, Tips & Trik.
trackback

OHC-1Sebelumnya sudah P2R kupas mekanisme katup versi SV, OHV sampai OHC yang akhirnya melahirkan SOHC (Single Over Head Camshaft). SOHC dalam perkembangan di dunia sepeda motor terbagi dalam beberapa model yaitu SOHC 2 klep, SOHC 3 klep sampai SOHC 4 klep seperti pada Yamaha V-Ixion.

Penempatan cam di atas kepala silinder tujuannya untuk mengurangi gerak mekanis yang salah satunya muncul dari push rod (model SV dan OHV). Gerak mekanis ini menyebabkan floating saat rpm mesin tinggi.

Tapi model SOHC pada sepeda motor, umumnya masih menggunakan rocker arm alias pelatuk klep. Nahhh…. komponen inipun ditengarai menimpulkan gesekan sekaligus gerak mekanisnya kurang bagus untuk rpm atas. Untuk mengurangi gesekan dipakai model roller rocker arm.

Sedangkan mencegah floating saat rpm tinggi, salah satu caranya dengan menghilangkan rocker arm. Contohnya model direct valve yaitu cam langsung menekan klep seperti pada model DOHC-nya CBR150R dan StreetFire (nanti kita bahas tersendiri).

Yessss…. balik lagi ke SOHC. Mengapa ada yang 2 klep, 3 klep dan 4 klep….??? Tujuan multivalve lebih dari 2 klep adalah untuk memaksimalkan efisiensi volumetrik. Pemasukan gas pembakaran saat langkah hisap ke dalam silinder diupayakan sebanyak mungkin.

Jika 3 klep, maka 2 klep masuk dan 1 klep buang. Jika 4 klep, maka 2 klep masuk dan 2 klep buang. Tapi durasi buka klep masuk lebih lama dibanding klep buang (nanti kita bahas tersendiri).

SOHC 3 valve dirancang dengan rocker arm klep masuk bercabang dua. Sekali tekan, 2 klep sekaligus yang membuka. Sedangkan SOHC 4 valve dirancang dengan rocker arm klep masuk dan buang sama-sama bercabang dua.

Secara efisiensi volumetrik pasti akan bagus. Pakai 4 klep cuiii….!!! Tapi kelemahan akibat kelembaman massa dari rocker arm tetap saja ada. Sehingga secara teori masih kurang cihuiii…. jika dipakai untuk putaran tinggi.

Selain itu, biaya merancang SOHC 4 valve dibanding DOHC 4 valve sudah pasti lebih mahal versi double cam alias DOHC. Konstruksi head silinder SOHC 4 valve tidak akan serumit model DOHC (baca di bahasan berikutnya ya).

Okehhh…. demikian bro seputar SOHC. Silahkan dikoreksi atau ditambahkan jika ada yang kurang. Terimakasih brothhhh….!!!

**********

Buat yang mau email ke P2R untuk kasih masukan atau kasih informasi seputar persepeda motoran tanah air. Send aja

ke P2Rbikers@gmail.com

Join with Social Media Proud2Ride:

Fan Page FB = Proud2ride
Follow Twitter @proud2ride

Komentar»

1. rider88 - 29 Januari, 2013

Absen

2. absoluterevo - 29 Januari, 2013

Josss

3. jofrin - 29 Januari, 2013

semakin menarik aja nich artikel bersambung

4. bunciskentang - 29 Januari, 2013

wo mantap jo..

5. Zizhou07 - 29 Januari, 2013

Mo dibandingin sperti apapun DOHC jelas punya kasta lebih tinggi dibanding SOHC… Data riset membuktikan

6. kerja motor - 29 Januari, 2013

mau dohc atau sohac, sama saja, yang penting beli motornya, nggak hanya komentar thok

7. brigade jalan raya - 29 Januari, 2013

Tapi SOHC bagus diputaran bawah. ciyus DOHC bagus diputaran atas (klep gak cepat lebam, bikin tarikan tetap josss)

8. komentator - 29 Januari, 2013

Intinya DOHC merupakan penyempurnaan SOHC. Tidak bisa dibantah.

9. ipanase - 29 Januari, 2013

8 klep pun ada 5 klep ada

10. fitready - 29 Januari, 2013

gambarnya bro diperdetil lagi.

11. hiulscmlscm - 29 Januari, 2013

sohc menang di torsi(putaran bwah)?ah masak?itukan pgaruh over stroke/over bore
sohc jelas kalah kemana2 secara design

Arahiwang - 29 Januari, 2013

ane setuju gan ….

12. deniboshter - 29 Januari, 2013

mau DOHC atau SOHC yg penting belinya kagak pke duit haram ……..

13. hairul - 29 Januari, 2013

owh ternyata dohcnya honda cb 150 ga pake rocker arm. baru tau ane, canggih

ayahrafly - 29 Januari, 2013

hiks..
bener gan, semua DOHC skemanya langusung tanpa rockerarm
karena camsaft berada persis diatas klep dimasing2
karena itu busi bisa ditanam diatas head antara klep
begitu jg satria fu, cbr dan montor2 dohc lainnya

janculo - 29 Januari, 2013

blm tentu banyak motor2 yg g langsung nonjok klep, tp lewat cam-follower dulu.
contoh CBR250 dan banyak motor Eropah sonoh

14. danudesign - 29 Januari, 2013

Wow.. ternyata dunia per klep’an motor rumit juga yah… :D
Sudi mampir mas hehee… http://danudesign.wordpress.com/

15. NoAH - 29 Januari, 2013

wuiiihhh rentetan . . .

”Selain itu, biaya merancang
SOHC 4 valve dibanding DOHC 4
valve sudah pasti lebih mahal
versi double cam alias DOHC”

wah ternyata NVL emang operpres ya…
Masa SOHC NVL lbh mahal dibanding DOHC CBSF. Pdhl sama2 150cc loh . . .
*seharusx, harga SOHC NVL itu 11-12 dengan SOHC VERZA atau SOHC NMP

zoel - 29 Januari, 2013

Bangun cuy…. Gak sadar ya tiger SOHC jadul pujaan loe operpress 26jt plus lemotnya kgk nahan. Kalo mau bagus ya DOHC CBR thailand , ngapain loe banggain CBsf yg udh jelas abal2 :lol:

ayahrafly - 29 Januari, 2013

wih..
masih pagi dah ada yg mancing lg

hemm*
argumen jgn yg senjata makan tuan dong cuy @NoAH
jadi keliatan overPD nya

cool ajah
suprafit dah dicuci blom?

Roy (X-Road Wannabe - Trellis Edition) - 29 Januari, 2013

tiger itu gak overprice kok… kan dapet bonus unity for pride dan legend nya…

26jt tiger = worthed.
;)

ayahrafly - 29 Januari, 2013

jiaahhh..
mending lari ke rx king
the real legend .. karena sudah tidak ada :D

Roy (X-Road Wannabe - Trellis Edition) - 29 Januari, 2013

jangan salah bro… tiger itu sohc 200cc terkencang di kelasnya… cuma kalah dari scorpio, p200ns thok…
;)

pak tarno - 29 Januari, 2013

wkwkwk si ONAH gak melek internet tuh coy, kata siapa cb lebih murah dari NVL, di tempat ane kebalik tuh, yg mahal malah cb.
tinggal pilih aja mau SOHC upgrade atau DOHC downgrade abal-abal…
kalo ternyata SOHC bisa setara DOHC lantas apa yg salah ya? :D

Roy (X-Road Wannabe - Trellis Edition) - 30 Januari, 2013

salah SOHC lah… kenapa bisa setara DOHC 150cc?
:lol:

WHAT - 29 Januari, 2013

sohc nvl mahal karna ban sama peleknya aja udah ketahuan lebih besar

16. oyo - 29 Januari, 2013

bikin TOHC-triple camshaft exeexexe,,

17. pak tarno - 29 Januari, 2013

sip, ulasannya mantap, tapi gejala floating di motor harian kebanyakan yg RPMnya cuma dibawah 12000 jarang terjadi, namun beda untuk balap karena RPM motor balap bisa puluhan ribu RPM.

18. ken39 - 29 Januari, 2013

entah kemana tujuan artikel ini, tapi gw acung jempol. Setidaknya menambah wawasan seputar per-klep-an

19. pak tarno - 29 Januari, 2013

tapi desmodromic yg terkenal di ducati juga pake rocker arm. yg gugnanya untuk mempercepat gerak tutup klep walau udah dohc.
dan CBR dohc tapi masih pake rocker arm

20. numpangliwataja - 29 Januari, 2013

Buat bro P2R, coba tolong di bahas juga mengenai Roller Rocker Arm, baik detail fungsi, serta kelemahan dan kelebihannya
mengapa CBR150 tidak menggunakan Roller Rocker Arm seperti CBR 250 (juga sebaliknya). Manakah yang sebenarnya lebih baik (menggunakan Roller Rocker Arm atau Direct Valve) ?

Thanks Sebelumnya

wasisimmortal - 29 Januari, 2013

CBR150 ada rocker roller arm ternyata

21. binunrider - 29 Januari, 2013

perang sales terjadi dimana2… sampai kesini…
sepanjang masih rentang 12000 rpm SOHC masih mumpuni..
DOHC jg punya kerugian beban mesin menggerakkan dua buah cam bergesekan dengan masing2 satu klep dibandingkan SOHC satu pelatuk menekan dua klep sekaligus..

ayahrafly - 29 Januari, 2013

ya seperti itu deh..kekurangannya
tapi masih banyak lg keuntungan yg biasa melibas jl raya
bisa dipapras keinginan kita..karena buang dan masuk beda camshaft
tapi kalo wat jualan ya ga tau gini2an
cuma tau irit sama top speed ajah
wwkwkkkk

kita bisa belajar bersama KAKAKA P2R :D

binunrider - 29 Januari, 2013

ya ada betulnya mengutip dari salah satu blog.. konsumen pengen sesuatu yang langsung dirasakan.. ya itu tadi.. irit sama top speed.. kadang2 lupa kebutuhannya apa..

pak tarno - 29 Januari, 2013

kalo kata FBH yg penting mah top spid, soal boros kaya tank tempur peduli amat :D

22. orong-orong - 29 Januari, 2013

absen gan

ayahrafly - 29 Januari, 2013

wih
kesiangan bro
lapor guru piket

23. stereotones - 29 Januari, 2013

update menarik ni, ditunggu kelanjutannya
yg pasti kalo multivalve bw pengaruh di dimensi piston n ujung2nya ya bore-stroke-nya
*cmiiw

24. pio - 29 Januari, 2013

DOHC emang pengembangan dr SOHC ga bisa d pungkiri…tp kalo SOHC nya udah expert macam UNICAM CRF250( yang DOHC ber rocker arm nya cbr 250 + 2silinder nya ninja 250 sampe jongkok karena kalah) si DOHC yg konfensional macam mesin CBR150+satria 150 juga ga akan bisa ngalahin telak banget…

SOHC expert vs DOHC convensional ( new vixion vs CB150 )

jadi intinya masi banyak faktor lain kalo tujuannya ke power+torsi, bukan cuman SOHC n DOHC aja…bore stroke, diameter valve,sudut kemiringan valve,kompresi rasio,bobot piston,bobot valve,bobot noken ass dll bla bla bla…..

ayahrafly - 29 Januari, 2013

sep bentul
tanpa jempol ga bisa betot grip gas

sempurna itu bila semua melengkapi

Roy (X-Road Wannabe - Trellis Edition) - 29 Januari, 2013

muosok?
buktinya DOHC CB unggul 0.2 detik dari NVL… cuma kalah 2KPJ dari SOHC TVS Apache…
;)

pio - 30 Januari, 2013

wakakakkaka….lek kongkon milih cb 150 karo NVL wes kari meleh model ae….tak kiro sami mawon…heheheh…11 12 lah…nek cb150 n byson ya baru pilih cb 150…ngunu ae…ga usa fans2 an merk lah…yo gan roy yoo…hehehhe

25. Ninja PSK - 29 Januari, 2013

+1 Pinternya….

26. macantua - 29 Januari, 2013

lumayan buat nambah2 ilmu permesinan…..lanjut om……

27. NoAH - 29 Januari, 2013

@zoel, ayahrafly, roy wanabe

baca baik2 dg komen gue. . .

Saking nafsux, otak kalian jd dongo.

Gue ngomongnya kn cm sbatas motor sport 150cc

wkwkwkk

ohh yess…

Skali lempar umpan, 3 fb’sampah’ didapat.

ayahrafly - 29 Januari, 2013

Wkwkwkk..
tapi ada komen DOHC dan SOHC
jgn salah lg baca lg cuy*

itu dah global skema pembakaran
motornya smart..pintar
orangnya seharusnya lebih pintar

wek :P

28. NoAH - 29 Januari, 2013

@ayahrafly

itu kan copas.g liat ada tanda petik ya??..hmmm
must bs bedax dg,mana copas n mana komen gue.
Komen gue cm bhas dohc vs sohc 150cc…

Bs baca g???

Dimakan lg., yeah

ayahrafly - 29 Januari, 2013

wkwkkk..
oke master.. ntar w pelajarin dulu bahasa hewan
biar kita ngobrol bisa lebih paham lg

w cabut dulu’
mo test ride twin dohc
:P

disambung sama sepuh2 yg lain yak

porn rabbit - 29 Januari, 2013

Noah..dodol lo…wakakaka….kata2 dimakan lagi yeah…pengen ketawa….ayahrafli…beginian lo tanggepin serius sih…wakakakka….

salam sohc expert….

29. NoAH - 29 Januari, 2013

0,2 detik klw di lintasan itu pengaruhnya amat besar lo cong . . .

Br 200 meter udah beda 0,2 detik. Klw 1 km, beda 1,0 detik.
Klw 1 lintasan, wah… Diasapin jauh

Roy (X-Road Wannabe - Trellis Edition) - 30 Januari, 2013

dari jarak 200-400 + 1km tetep selisih cuma 0.2 detikan.
;)

30. marshall - 29 Januari, 2013

artinya dohc si cb murahan yah ?

pantes tenaganya 11-12 sama sohc 4 klep

porn rabbit - 29 Januari, 2013

sohc expert vs dohc konvensional bray…..kalo bagi konsumen biasa kta untung dpt soch konvensional,,klo tukang oprek yah biasanya milih yg konvensional byar bsa dibkin expert

salah sohc expert!

31. Jhon Speed - 29 Januari, 2013

WOW Joss Aja

32. marga - 29 Januari, 2013

jos

33. pak tarno - 29 Januari, 2013

penggiringan opini, wkwkwkwk
yuk bandingin DOHC konvensional dengan SOHC modern.

pak tarno - 29 Januari, 2013

ada tuh top speed motor sohc modern 132 kpj, dan dohc konvensional cuma selisih 3 kpj lebih tinggi.
speed 3 kpj mah keciiiilll setara bayi merangkak :D
lantas canggihnya di mana? boros iya..

34. Mr.NETRAL - 29 Januari, 2013

P2R mengungkap fakta sejarah. mengapa ada yg protes. masih terheran-heran dgn kelakuan fans boy

35. Trisna Ariwibawa - 29 Januari, 2013
36. mbah jambrong - 3 Juli, 2013

noah@ loe amnesia ya bro,, jlas mahal lah, lha wong speed dan teknologi sohc’y NVL lebih ok.
Ternyata, pabrikan sebelah ikut pke sohc jga,,motor baru lagi, ga malu ya,, knapa ga Dohc aja, yg elo bangga2in tu lho….

37. Bolo suro - 13 Agustus, 2013

Katup pneumatik lebih Jozzz adopsi F1

38. kida - 18 Oktober, 2013

yang di bangga banggain tuh bisa apanya kamu dg sohc maupun dohc….. sing penting caramu njoki. dohc o nek neng keramaian kuto gak iso banter wi dohc mu ra ketok.hayooww jajal balapan karo aku aku pakai revo fit aja di tengah” ramai nya siang hari kota malang.nek ngalah ne aku motor ku pek en

39. yamaho - 2 Januari, 2014

Honda cb di daerah ane gak laku,, model uadah jadul,, niru2 old vixi lagi,,, rangkanya jg kayak sepeda gayung,,, sumpah,, klo di tempat ane ada bw cibi psti gk sekeren nevil,, yahama smkakin di depan,, honca cibi nyusul aja di blakang,, apa lo gk nyesel beli cibi abal2lan,, produk jlek tuh,, niru2 pnya org

40. denz - 4 Februari, 2014

sohc lebih murah buat di explore.. apalagi mesi korekan. buat nvl ud banyak pilihan kem dengan macam durasi+lift, tinggal pilih merk. Harga paling mahal 400rb. Buat dohc kem mahal, contoh satria paling murah 1jt belum lg variasi lift+durasinya jg kurang pilihan kecuali mau custom.


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 796 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: