jump to navigation

Dari OHV Lahirlah OHC (Over Head Camshaft) #DOHC vs SOHC (3) 28 Januari, 2013

Posted by proud2ride in General, Teknologi, Tips & Trik.
trackback

sohc-1Makasih teman-teman yang turut menambahkan atau memberikan koreksi bahwa mekanisme katup Honda CG lebih tepatnya masuk kategori OHV. Setelah versi OHV dirasa kurang cihui untuk sepeda motor, kemudian lahirlah OHC yaitu Over Head Camshaft. Posisi noken as alias cam berada di head silinder.

Dengan memindahkan cam dari ruang kruk as menuju head silinder maka komponen penerus penggerak (push rod) bisa dihilangkan. Karena komponen tersebut ditengarai paling besar menyumbang terjadinya kelembaman massa yang bikin tidak bagus untuk mesin-mesin rpm tinggi.

Lantas, ketika cam pindah ke atas, bagaimana meneruskan putaran kruk as untuk memutarkan camshaft…??? Seperti yang kita ketahui, untuk sepeda motor menggunakan rantai keteng alias timing chain. Kalau di mobil ada yang pakai timing belt.

Dengan ditempatkannya cam dan klep di kepala silinder maka konstruksi head silinder menjadi komplek. Karena disana sudah pasti ada pegas klep, gear rantai keteng, bahkan rocker arm.

Nahhh…. dari OHC inilah muncul istilah SOHC alias Single Over Head Camshaft. Karena atas kebutuhan power mesin lebih besar, muncul versi lainnya yaitu DOHC alias Double Over Head Camshaft.

Cuma bedanya, kalo SOHC ada yang pakai 2 klep dan 4 klep. Sedangkan DOHC sudah pasti 4 klep, bahkan bisa lebih. Okehhh…. untuk lebih detailnya soal SOHC, akan P2R bahas di artikel selanjutnya.

**********

Buat yang mau email ke P2R untuk kasih masukan atau kasih informasi seputar persepeda motoran tanah air. Send aja

ke P2Rbikers@gmail.com

Join with Social Media Proud2Ride:

Fan Page FB = Proud2ride
Follow Twitter @proud2ride

Komentar»

1. ipanase - 28 Januari, 2013

pake rantai camprat

proud2ride - 28 Januari, 2013

betul. bahasa teknisnya timing chain (rantai). ada juga timing belt. ada juga yg pakai gear (roda gigi). masing2 punya kelebihan dan kekurangan

ipanase - 28 Januari, 2013

harley tetep push rod ya

saros anang A - 28 Januari, 2013

urun rembug sedikit melenceng :

Analisa kenapa power dan torsi NVL 11-12 dengan cb150 padahal karakter mesin beda.

“SOHC New Vixion + ECU istimewa(bawaan motor) = DOHC cb150 + ECU biasa(bawaan motor)”

jadi menurut saya mesin, ECU dan injeksi dari NVL itu sdh sangat maksimal sehingga sulit untuk diupgrade lagi lewat ketiga komponen tsb( lain jika upgrade piston or lain2 ).

sedangkan untuk pemilik cb150 tinggal upgrade ECU maka power dan torsi bisa jauh diatas NVL ( nunggu ECU aftermarket cb150 ).
sehingga :
DOHC cb 150 + ECU istimewa = power dan torsi diatas NVL.

tolong di koreksi.

Mr.NETRAL - 28 Januari, 2013

betul. di balap sentul banyak yg pakai cbr150 dibanding vixion

pak tarno - 29 Januari, 2013

sekalinya vixion muncul langsung ngebabat dohcnya cbr, ada tuh di trackday sentul,
googling aja gl100mesin vixion. pasti ketemu

Stella Sang Ksatria Putih - 13 Januari, 2014

Namun silinder SOHC Vixion hanya setara CS1 yang 22cm, sedangkan buat Nova Series sebesar 27cm, artinya Vixion ga akan mampu membabat Rs Super.
weeeek!

2. orong-orong - 28 Januari, 2013

beda ya?

3. haryudh4 - 28 Januari, 2013

Bedanya OHC n SOHC itu ada dimana Mas? Soalnya selama ini Saya kira sama aja :D

proud2ride - 28 Januari, 2013

SOHC dan DOHC masuk kategori OHC. cuma beda jumlah cam saja. bisa juga beda jumlah klep,

haryudh4 - 28 Januari, 2013

Woooh, ngerti.. ngerti.. Siip, lanjutkan Mas :)

Stella Sang Ksatria Putih - 13 Januari, 2014

Kalo buat honda OHC ma SOHC dibedakan dari besarnya Silinder karena itu CS1 ga bisa setara ma Nova Series, CS1 131 km, sedang Sonic 135 km, CS1 10,3 Ps sedang Sonic 13,6 Ps, artinya f**k dengan CS1 yang menjatuhkan harga diri pabrikan sayap.

4. HEHEHEHE - 28 Januari, 2013

SIIIPPPP

5. Nhd - 28 Januari, 2013

Intine DOHC pengembangan sistem lainnya, lebih sempurna.

6. roda2makassar - 28 Januari, 2013

SOHC ada yang 3 klep… :D
TVS tormax, bebek hyosung dan beberapa motor cina dahulu kala,,,

jofrin - 28 Januari, 2013

yang dimaksud pasti Bosowa Concorde yaaaa :P

roda2makassar - 28 Januari, 2013

iya bro,,, Bosowa Hyosung concorde… :D

jofrin - 28 Januari, 2013

motor unik en langka tuch…seumur2 baru ketemu 3 biji di jalan…2 warna merah 1 warna biru :)

7. NoAH - 28 Januari, 2013

DOHC dibuat utk kebutuhan power yg lebih gede…

Soo…
Mw kenceng dan mudah di oprek pilih CB150R

Mw lemot, cpt ngos2an dan susah(mungkn g bisa) di oprek pilih NEW VIXION

pak tarno - 29 Januari, 2013

mau boros pilih dohc
mau irit pilih sohc
————————–
tinggal pilih aja,
yg pake ngebut di sirkuit pilih dohc
yg pake nyantai di jalanan pilih sohc

8. Muhammad Aulia - 28 Januari, 2013
9. marga - 28 Januari, 2013

OHV yang bikin DOHC sama SOHC bisa jalan ngacir :mrgreen:

*lha iya wong isi angin dari kompresor OHV. kaboorr

10. rendy - 28 Januari, 2013

kalo DOHC tapi overstroke dibanding dengan SOHC overbore dg cc sama, kira2 powernya gede mana om????

yareez - 28 Januari, 2013

sama gan ane jg bingung nih, sebenarnya yang paling utama menentukan power/karakter mesin itu jenis mekanisme klep atau konfigurasi bore x stroke atau mungkin keduanya ya??

  - 28 Januari, 2013

yg nentuin power & karakter mesin itu sebenarnya bore x stroke. overbore bisa aja punya power gede, tapi cam nya gak sanggup muter kenceng, terutama kalo udah di atas 10.000 RPM. Makanya untuk “ngimbangin” putaran yang tinggi banget, diperluin dual camshaft. Jangan heran kalo DOHC sanggup digeber sampe 15.000 rpm

  - 28 Januari, 2013

“overbore bisa aja punya power gede, tapi cam nya gak sanggup muter kenceng”

maksud ane SOHC overbore

cipluk - 29 Januari, 2013

setuju mas bro kalo overbore itu jodohnya ya sama DOHC biarpun di rpm tinggi masih presisi buka tutup klepnya, kalo Overstroke jodohnya ya SOHC saja lha wong gak mampu berkitir pada rpm tinggi dan lagi SOHC pastinya mengalami floating di rpm tinggi sehingga banyakan ngowossnya imho..

11. yareez - 28 Januari, 2013

request tolong diulas juga dong gan gimana sejarahnya awal penemuan motor 2 tak, biarpun udah jadul tapi lumayan kan biar makin komplit pengetahuan kita tentang latar belakang diciptakannya jenis2 mesin motor..

Roy (X-Road Wannabe - Trellis Edition) - 29 Januari, 2013

katanya sih mesin jadul masbro… katanya juga sih banyak asep nya…
;)

cipluk - 29 Januari, 2013

biar kata jadul ane dirumah masih miara satu mas bro :D

12. Trisna Ariwibawa - 28 Januari, 2013

Sip.. Nambah lg nih ilmu..
http://trexton.wordpress.com/

13. tiger26 - 28 Januari, 2013

juossss…..

14. Stella Sang Ksatria Putih - 13 Januari, 2014

Gan SOHC RS ku dapat mengasapi DOHC FU di 13 detik pertama loh.
(cuma kalah di gear aja, pas dia nginjek gear 6 yah ngilang deh dari pandangan.) tapi buat Vixion mohon mangap nih, ga pernah kalah lawan motor berbadan gede ini. (mungkin karena RS lebih ringan dari Vixion.)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 722 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: