jump to navigation

Apakah Suzuki Inazuma Akan Berumur Panjang…??? 19 Oktober, 2012

Posted by proud2ride in Suzuki.
trackback


Ketika P2R membuat artikel ini, rombongan turing Suzuki Inazuma baru saja finish di Bali. Inazuma yang berjuluk “baby B-King” bisa jadi menjadi salah satu motor yang cukup diidam-idamkan para biker di Indonesia karena merupakan satu-satunya motor bergenre naked bike di kelas 250cc. Apalagi Inazuma juga menganut mesin 2 silinder seperti Ninja 250 sehingga punya kelebihan tersendiri.

Sayangnya banyak ucapan pesimis yang P2R dengar dari sesama teman-teman yang juga gemar mengikuti perkembangan berita roda dua. Ada yang berkata peluncuran Inazuma yang sudah terlambat, target pasar yang terlalu sedikit dan position harga yang terlalu tinggi dari perkiraan awal. Apalagi Kawasaki kabarnya akan mengeluarkan Ninja 250 naked yang kabarnya bernama ER250C.

Hal ini membuat Inazuma 250 yang bebas melenggang di daerah blue ocean tanpa pesaing menjadi terancam dengan kehadiran Ninja 250 naked. Apalagi ER250C diperkirakan akan dijual dengan harga dibawah Ninja 250 injeksi, bisa jadi Kawasaki bakal memepetkan positioning harganya melawan Inazuma 250.

Belum lagi mesin Ninja 250 juga sudah terbukti di ajang balap dengan teknologi DOHC yang lebih powerful. Jadi kalo ngomongin spesifikasi, rasanya susah untuk Inazuma bersaing melawan Ninja 250 naked jika berada di segmen harga yang sama.

Nah… Jika sudah demikian berarti tinggal pintar-pintarnya Suzuki dalam mengatur strategi. Walau pasar yang dimiliki tidaklah besar, Suzuki memiliki konsumen dan komunitas yang terbilang kuat dan loyal.

Di sisi teknis, Inazuma juga masih punya kelebihan riding position nyaman ala turing, sedangkan ER250C sepertinya lebih bergaya streetfighter yang mendukung gaya berkendara agresif.

Kalo menurut pembaca sendiri gimana nihhh….??? Apakah Inazuma 250 akan memiliki umur yang panjang di dunia persilatan roda dua Indonesia yang kian hari semakin sengit saja…???

**********

Buat yang mau email ke P2R untuk kasih masukan atau kasih informasi seputar persepeda motoran tanah air. Send aja ke P2Rbikers@gmail.com

Join with Social Media Proud2Ride:

Fan Page FB = Proud2ride
Follow Twitter @proud2ride

Komentar»

1. ipanase - 19 Oktober, 2012
wiwi - 19 Oktober, 2012

pelan2 aja yang penting pasti… pasti berumur panjang

http://wawwiwiwaw.blogspot.com/2012/10/dampak-global-adanya-mobil-murah-lcgc.html

kommotor.com - 20 Oktober, 2012

Jagoan pertamax nih???dah dapet brp point mazbro???

ipanase - 20 Oktober, 2012

ga tau :D

2. aka831 - 19 Oktober, 2012

2

3. sa469 - 19 Oktober, 2012

hm…berat…mungkin jadi motor koleksi aja kali…

4. ade - 19 Oktober, 2012

beda seqment antara suzuki inazuma dan kawak er250..

“..Di sisi teknis, Inazuma juga masih punya kelebihan riding position nyaman ala turing, sedangkan ER250C sepertinya lebih bergaya streetfighter yang mendukung gaya berkendara agresif…”

dwidhaswara - 19 Oktober, 2012
5. ipung - 19 Oktober, 2012

ga lama umurnya masBro!… untuk segmennya mungkin beda klo Inazuma bwt rider berumur yg suka turing klo er250 lbih ke orang dewasa {bukanalay) yg suka bwa motor kenceng2an n power melimpah… tpi untuk rider berumur yg suka touring mereka lbih milih motor merk ternama kya Harley yg imagenya lbih wah dri Suzuki wlw harga lbih mahal!…

cb150 terallis = old vixion wannabe - 19 Oktober, 2012

wow belum tentu mas bero.
beda harga cukup jauh lah antara inazuma ama harley
diantara gap itu belum ada pabrikan yang punya gacoan
apalagi kalo cukup sensitip sam amasalah duit
kalo pake rasio inazuma udah cukup banget sebenernya buat touring
price/prformance udah cukup gw rasa
gw yakin inazuma bisa bertahan

ipung - 19 Oktober, 2012

klo ane si bgitu pendapetnya Bro!… trusss klo mo gabung klub Harley kan udah ada…

ngorok sekseh - 19 Oktober, 2012

Klub bisa diciptakan kalo pembeli sudah banyak bro
Er6n pas awal2 juga sepi tapi kini udah ada klubnya walau masih ga terlalu banyak orangnya. Tapi kecenderungan ane liat jumkahnya bertambah.
Kalo suzuki serius garap segmen ini, mau maintenance klub gw yakin bisa idup lama ni inazuma

6. ndesoklutuk - 19 Oktober, 2012

mungkin senasib sama Thunder 250 aja,
suzuki gak niat sih di R2

7. syaffa - 19 Oktober, 2012

ya yakin nya sih bakal cuma produksi yang gagal dipasaran ni,mau di apain lagi,pasar untuk motor sekarang makin kuat,jadi ya kalau produksi nya tanggung2 bakal gulung tikar deh

8. sushi88logo - 19 Oktober, 2012

kenapa harus pusing2..mas2 disni…..cukup menggunakan miji saja riding positionnya sudah touring sekali,,,cocok untuk touring dengan bergaya sporty…dengan diasil silinder…dan suspensi warna putih yang membuat nyaman anda berkendara….

semoga paham…

FANS TEKNOLOGI - 19 Oktober, 2012

sushi88logo : mohon dijawab, kenapa miji punya adikku kok larinya berat dan ngga kencang, padahal masil standart pabrik ( sudah servis 2 x ), pada ruang vanbelt terdengar bunyi kremek kremek waktu boncengan ?
jawaban saudara saya nantikan dan penting buat saya.

chaos_konsumen luar biasa_owner scouzy ambles ban cungkring 225 cc, 225 hp, 225 mph - 19 Oktober, 2012

itu artinya fitur fogging pistonnya (piston gempa) lagi aktif.

sambal yamahurt

cb150 terallis = old vixion wannabe - 19 Oktober, 2012

* FBH nanya2 keterangan nuduh BC abis dikasi langsung ngabur mode on*

minta nomer stnk, bpkb, faktur, nama dealer, sales yang jual, alamat lengkap, nomer KTP, nomer SIM, nomer telepon,email, facebook, twitter
kalo ga ngasi ntar ente dibilang bece

* FBH nanya2 keterangan nuduh BC abis dikasi langsung ngabur mode off*

biar ga OOT :
salam ONE FART… BRUTT….

sushi88logo - 19 Oktober, 2012

@ fans teknologi

mungkin 1000 banding 1 anda memiliki reject produk, ,,,,tapi mudah2 an tidak yah,,,,dan mungkin sekali mekanik di beres tempat anda atau bengkel pinggiran tempat anda men service tidak terlalu bagus, dan kurang ngeh,,,atau malahan pemakainannya yg tidak sesuai, misalnya tidak memperhatikan jadwal pergantian oli, kurang menyayangi kendaraan anda, sehingga asal saja menggunakannya,,,cobalah lebih bijak dalam menggunakan dan memantaince….

semoga paham..

ipung - 19 Oktober, 2012

lah kan yg bunyi bagian Vanbeltnya… kok jwabannya nyambung ke perawatan n ganti oli?… kemungkinan penyakit Miji mas @FANS TEKNOLOGI:rumah kampas koplingnya oblag!… kebanyakan terjadi di mio lawas si bgitu!… ngegeredegggg klo bawa berat makin kerasa gredegnya…. klo dibawa ke BeRes pasti diganti total tu mas!…

9. dsebryant - 19 Oktober, 2012

Produksi nanggung hasilnya akan tanggung juga ….

10. rahargo - 19 Oktober, 2012

bobotnya… amit2 dah buat kubikasi 250cc

11. dwidhaswara - 19 Oktober, 2012
12. S.K.P - 19 Oktober, 2012

Sip dah, Mirip kasus Thunder250 atau FXR150.

Konsumen tinggal menunggu harga jatuh dan beli rondho 2nd-nya Inazuma… :D

13. sponge bob - 19 Oktober, 2012

paling-paling usianya seumur jagung.
btw.. ada yang tau ga berapa umurnya jagung??..

14. walkman - 19 Oktober, 2012

bisa2 aza seh kalau inazum biasa mengambil perhatian masyarakat

15. the honjo - 19 Oktober, 2012
16. koreng coklat - 19 Oktober, 2012

GAK AKAN BERTAHAN LAMA tu motor desain untuk bapak2 turing sedangkan saat ini org tua2 sdh jarang yg mau naek motor apa lagi turing,sedangkan anak muda tak tertarik sm inazuma ane yakin,lagian kalopun ada orang2 tua yg suka turing kebanyakan naek Harley Davidson,HD cocok untuk tua dan muda (esmud)

17. gc133hijrah - 19 Oktober, 2012

Ane suka dgn inazuma…. Pas buat turing….

18. bukan rahasia - 19 Oktober, 2012

saya rasa blum tentu Inazuma langsung out dari persaingan naked bike., ad beberapa hal yang jadi pertimbangan, yang utama adalah riding position yang orisinil touring bukannya street fighter touring.. tuh namanya nyiksa.. salam

bocah atlantis - 19 Oktober, 2012

inazuma punya penggemar tersendiri…

19. BlankDunkTak - 19 Oktober, 2012

@ gc133hijrah & bukan rahasia:
Akuurrr Mas Bro.

20. sejutaumat - 19 Oktober, 2012

jawabannya tergantung kembali ke SISnya, apakah berkomitmen mau memasok -/+ 300 unit per bulan selama setahun ke depan + layanan aftersalesnya.

jika serius menggarapnya di tahun pertama, maka tahun kedua, dst menjadi gampang buat SIS untuk jualan Inazuma untuk long term

sushi88logo - 19 Oktober, 2012

asal punya komitmen seperti yamaha yang menjual miji dengan harga rasional dan konsisten dengan maintance nya…pasti akan bertahan….

21. ardiantoyugo - 19 Oktober, 2012

limited edition…??

22. nzahry - 19 Oktober, 2012
23. imam - 19 Oktober, 2012

Sama nasipnya dgn thunder…ngenes..

24. chaos_konsumen luar biasa_owner scouzy ambles ban cungkring 225 cc, 225 hp, 225 mph - 19 Oktober, 2012

menurut bacot rekan2 ai, cuma scouzy yg akan bertahan sampe akhirat. dibakar di neraka gak akan ancur.

sambal yamahurt

25. Roy (X-Road Wannabe - Trellis Edition) - 19 Oktober, 2012

mending tiger aja deh

bore up 50cc setara N250R FI… irit dan kencang…

toh sama2 SOHC ini…
;)

cb150 terallis = old vixion wannabe - 19 Oktober, 2012

ga usah dibore up juga udah raja jalanan bro.. B)
beli inazuma ga dapet fitur utama pula yaitu “pride”

Roy (X-Road Wannabe - Trellis Edition) - 20 Oktober, 2012

yups…

mending tiger aja deh… meskipun karbu tapi lebih canggih dari pada sistem injeksi nya Inazuma… apalg YMJET FI… EPI FI aja keok iritnya… kualitas silinder dan piston nya lebih kuat dari pada SCEM nya suzuki… dan harga juga bersahabat cuma 25jt aja udah dapet sensasi mesin 2 silinder SOHC nya Inazuma… worthed lah…
:lol:

chaos_konsumen luar biasa_owner scouzy ambles ban cungkring 225 cc, 225 hp, 225 mph - 20 Oktober, 2012

wah sesama sales yakamprett tak baik la saling makan umpan lele.

sambal yamahurt

Crank90 - 20 Oktober, 2012

cuma bedanya si Tiger masih berpendingin kentut bro, dan teknologi karburator termutakhir…khas mesin GL tuwir..wkwkwkkwkwk….

Roy (X-Road Wannabe - Trellis Edition) - 22 Oktober, 2012

jangan salah bro… gitu2 material kuat dan udah lulus uji euro 1,2 dan 3.

*kata bang tiger 26

26. Sastro - 19 Oktober, 2012

Setiap segment punya penggemar sendiri. Apalagi inazuma diposisikan sebagai motor touring. Kalo suzuki nekat jualan tetep aj laku walaupun sedikit. Beda lg kalo meleset dari target trus penjualan dihdntikan.

27. pangben - 19 Oktober, 2012

lihat si ninja yang lepas baju dulu..
itu nanti yang bakal nentuin inazuma bakal tahan lama apa gk IMHO

https://pangben.wordpress.com/2012/10/19/ducati-desmosedici-rr-gue-harus-koprol-sambil-bilang-wow/

28. johan - 19 Oktober, 2012

inazuma dirancang memang pas,sesuai fungsionalitas.
cocok utk tipe jalanan di indo (mulus,kriting,lubang,banjir,gelombang,sempit,lebar),
relatif gampang nyalip dibanding harley pd jalanan sempit,
masih bisa minum premium!,
mesin sohc 2 silinder tenaga bwh-menengah dirancang pas utk touring,
lbh ringan dan murah drpd harley,
parkir gampang,
ongkos service tentunya masih terjangkau,
segmennya bapak2 mapan,kalopun anak muda yg pake msh oke (indikatornya model NMP aja msh laris) ,
masih enak dipake goncengan berdua istri/pacar,
kelasnya udah motor moge entry level (cmiiw),
modelnya pas,gak kuno juga gak futuristik,
masih bisa dikendarai olh org dgn tinggi 168-an (cmiiw),
fuel consumption? kayaknya irit di kelasnya.

dgn fakta diatas,kemungkinan besar berumur panjang…

itu pendapat saya loh…

sushi88logo - 19 Oktober, 2012

saya sangat setuju sekali dengan anda…..kalo boleh memetik dari perkataan anda….seperti di ibaratkan metik adalah miji…..yaitu…

miji rancang memang pas,sesuai fungsionalitas.
cocok utk tipe jalanan di indo (mulus,kriting,lubang,banjir,gelombang,sempit,lebar),
relatif gampang nyalip dibanding harley pd jalanan sempit,
masih bisa minum premium!,
mesin dengan diacyl cilinder silinder tenaga bwh-menengah dirancang pas utk touring,
lbh ringan dan murah drpd harley,
parkir gampang,
ongkos service tentunya masih terjangkau,
segmennya bapak2 mapan,kalopun anak muda yg pake msh oke (indikatornya model NMP aja msh laris) ,
masih enak dipake goncengan berdua istri/pacar,
kelasnya udah motor moge entry level (cmiiw),
modelnya pas,gak kuno juga gak futuristik,
masih bisa dikendarai olh org dgn tinggi 168-an (cmiiw),
fuel consumption? kayaknya irit di kelasnya.

dgn fakta diatas,kemungkinan besar berumur panjang…

semoga paham

sushi88logo - 19 Oktober, 2012

super sekali pernyataan anda…

semoga paham..

29. haNdoC - 19 Oktober, 2012

mending go munggah kaji

30. SuRyA - 19 Oktober, 2012

Kita liat notifikasi lanjutan dari tpt aja kali ya bro
klo ada sambungannya mungkin akan bertahan. Klo ga ada lg ya wis the end dah inazuma nya :(

http://www.dk8000.co.nr

31. akang - 20 Oktober, 2012

inazamu tiap bulan cuma 200 unit… Jd bisalah bertahan…

32. imho - 20 Oktober, 2012

tenang saja pasti umur panjang lah ,ini motor touring sejati di kelasnya

33. yoe - 20 Oktober, 2012

Pst mas…kualitas suzuki tdk diragukan

34. andikakusumaharyanto - 20 Oktober, 2012

Kemungkinan manjang mas, untuk mereka yg mencari kenyaman seperti saya, saya lebih memilih inazuma ketimbang er250, lagi pula menurut saya er250 kemungkinan tidak untuk dalam waktu dekat tapi masih tahun depan, karena kawasaki saja blm lama menelurkan si N250fi penjualannya masih ok, jadi menurut saya KMI masih berkonsentrasi kepada N250fi.

http://myskywave.wordpress.com/2012/10/20/sedikit-merubah-tampilan-inazuma/

35. temonsoejadi - 20 Oktober, 2012

lihat dan perhatikan

nitip lapak mas,
[share,penyemangat hidup, inspirasi from sochiro honda]

http://temonsoejadi.wordpress.com/2012/10/20/mengapa-engkau-selalu-ingin-mengeluh/

terima kasih

36. Crank90 - 20 Oktober, 2012

semoga suzuki Inazuma umurnya panjang, peminatnya banyak…biar bisa di produksi di Indo..ntar harganya jadi bisa ditekan jauh…amin

37. toyman - 20 Oktober, 2012

Menrut ane tetep panjang brother2,..
Ane termasuk orang yang mngutamakan kenyamanan daripada model, ane lebih milih ni inazuma drpd Ninja250&CBR yang blas gag nyaman dipake touring,…syang ane masih bnyk kbtuhan hufff

38. polykardus - 21 Oktober, 2012

beda bnget dong bandingin er250c sama inazuma… yg satu nunduk abis,brutal,agresif,kasar,sangar,street fighter dll tp satunya (inazuma) touring,nyaman,wibawa,elegan,kalem,sopan dll…. ibarat preman vs ustad/pendeta.

39. Gogo - 21 Oktober, 2012

smoga tak senasib dengan tander250..
kasian yg udah punya..

40. Jhon Speed - 24 Oktober, 2012

Bakalan Tumbang nih Suzuki…

KRIUK - 25 Oktober, 2012

EMANG POHON…

41. Indra garcia - 30 November, 2012

Yaah kalo pasar 250 dah rame & Suzuki masuk dgn segment yg berbeda, pasti bertahanlah!.. Di jepangnya aja bertahan motor ini.. Beda dgn zaman Thunder 250 yg waktu itu zamannya bebek berkuasa.. Inazuma sekarang indennya panjang, krn model baru & penggemar motor touring lg nunggu-nunggu 250cc yg fresh.. Gw aja lg inden.. Pokoknya akan bertahan lama krn modelnya akan melenggang sendiriian..
Salam..

42. Protector Madiun - 19 Februari, 2013

Kalau ngikutin bentuk atau model doank ga ada abiznya,mungkin taon dpn udah ganti lagi,tinggal pilih aja yang nyaman atau yang model.
Kalau aku yah nyari yang nyaman awet irit pisan.

43. Joel Mangundirjo - 25 September, 2013

Menurut ane..motor itu harus nyaman dikendarai.. dipakai jarak jauh handling dan performa mesin mumpuni.. la buat apa beli motor mahal tapi bikin pinggang pegal..tangan kesemutan karena posisi menunduk. model oke tapi boyok pegel sapa yg rugi? Beberapa model dan type motor pernah ane punya..tapi yaitu lho.. setelah nyoba Inazuma..pinginnya nglencer terus.. pokoknya jangan pusing dengan pendapat orang dech..


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 796 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: