jump to navigation

[Help] Bensin Campur Kapur Barus, Oktan Naik…??? 12 Februari, 2012

Posted by proud2ride in Tips & Trik.
trackback


Nihhh… bro, ada pertanyaan via email ke P2R dari bro eiscell. Isi emailnya seperti gambar di atas. Si bro ini penasaran apakah benar kapur barus alias kamper bisa naikin oktan…??? Taruh di tangki atau di ruang boks filter…???

Hehehe…. jujur ya, P2R belum pernah mencobanya. Meskipun sudah mendengarnya lama banget bahwa konon bensin yang dicampur kamper maka oktannya naik.

Tapi P2R belum menemukan analisa pastinya, mengapa bisa naik…??? Dan seberapa besar tingkat kenaikannya…??? Apakah tidak ada efek samping terhadap sisa pembakaran…??? (misalnya malah jadi kerak)

Dannn…. apakah oktan tinggi jamianan motor bisa berlari kencang…??? (jika mesin motor standar) Bukankah lebih bagus jika nilai oktan disesuaikan dengan tekanan kompresi…??? (So, kalo mesin standar pakai Premium ajalah. Ada duit lebih isi Pertamax).

Demikianlah bro, siapa tahu ada yang pernah mencobanya. Silahkan share pengalamannya di sini. Dan maaf buat bro eiscell, jawaban P2R kurang memuaskan, justru balik banyak bertanya, hahaha…!!!

**********

Buat yang mau email ke P2R untuk kasih masukan atau kasih informasi seputar persepeda motoran tanah air. Send aja ke P2Rbikers@gmail.com

Join with Social Media Proud2Ride:

Fan Page FB = Proud2ride
Follow Twitter @proud2ride

Komentar»

1. k!ng_julien.. - 12 Februari, 2012

wah perlu uji coba dulu,tapi jangan sembarangan,njeblug tar mesin,bagi yg sayang motor sendiri ane saranin jgn coba2 dulu deh,kecuali ada teman atau sumber yg terpercaya yg sudah membuktikan kasiatnya..

2. dimz - 12 Februari, 2012

keduax…yesss…

3. Gianluigi mario - 12 Februari, 2012

waduh.. kalo belum dibuktikan labs sih bisa2 ninggalin kerak di silinder.. :(
atau busi cepet mati barangkali..
yang pasti anti ngengat kayaknya :P

http://learningfromlives.wordpress.com/2012/02/12/berapa-idealnya-penumpang-motor/

4. vixy182 - 12 Februari, 2012

wah baru dengar pke kapur barus :mrgreen: vixy182.wordpress.com/2012/02/11/xt-250-trail-nya-scorpio-z/

5. javabiker - 12 Februari, 2012
6. aru_kun - 12 Februari, 2012

Trik jadul banget. Sisi negatifnya: mengandung unsur kimia berbahaya/ racun/ toxic.

7. Blitz - 12 Februari, 2012

jgn macem2 deh,,, pake kamper lah, etanol lah dll.. kalo emang bisa naikin oktan kenapa pertamina gak paske kamper aja,, :lol:

murator - 12 Februari, 2012

jadi inget link jadul tentang bbm plus etanol:

http://www.kaskus.us/showthread.php?p=131323478

8. Dwitri Dudu Oktaria - 12 Februari, 2012

Pernah di bahas di tabloid apa gitu edisi tahun 97-an. Not recomend buat injeksi

9. iwans khan - 12 Februari, 2012

betul itu min.krna mengandung senxawa tp w lupa namany he2. Biasanya sering diakali oleh pengguna mobil dulu sering di tmbh di bnsn lgsg tp bstrdpat endapan di tangki jd diakalin di tempel di dkt pmbkaran dgn tujuan agar dpt menguap di percmpuran bnsin dan pmbkaran

10. ipanase - 12 Februari, 2012

. boleh aja, tapi sebulan sekali ya bongkar mesin lah, bersihin kerak

http://pertamax7.wordpress.com/2012/02/11/tvc-yamaha-terbaru-komeng-vs-alien-keren-and-barongsai/

11. REDEMPTION - 12 Februari, 2012

jgn deh.. malah takaran gak sesuai..

12. EISCELL - 12 Februari, 2012

thanx bro.. ulasannya.. kemarin akhirnya nyoba tak taruh kamper dibox filter.. perasaan akselerasi nambah tp gak signifikan… semoga masbro berkenan jawab pertanyaan saya dilain waktu..

13. EISCELL - 12 Februari, 2012

ternyata ketemu artikel kandungan kamper.. yaitu naptalene.. senyawa aromatik yg bisa menaikan oktan… kenapa pertamina g pake naptalene jawabane karena hasil pembakarannya jd sangat beracun..

14. smartf41z - 12 Februari, 2012

Saya juga pake dulunya.’setelah baca di otomotif ternyata hasil pembakarannya menimbulkan gas berbahaya, akhirnya saya stop.

15. royconan - 12 Februari, 2012

tanya ahli kimia aja brow

16. Prabu Melaz - 12 Februari, 2012

Saya sudah lama mendengar berita ini. Dan seingat saya,sebuah tabloid otomotif ternama pernah mengulas masalah ini. Dan tabloid itu mengamininya/membenarkan bhw kamper bisa menaikkan oktan. Dan saya sndri pernah mencobanya. Tp seingat saya tdk merasakan dampak apapun. Mungkin karena motor saya wkt itu ga butuh oktan tinggi ya? Oh ya. 4 lt premium saya campur dg 4 butir kamper. Maklum,motor saya wkt itu kan bebek? Ini

17. bintang - 12 Februari, 2012

kagak ilmiah itu bro

18. ikhwanalim - 12 Februari, 2012

oktan itu kan jenis struktur kimia yg bisa jadi ukuran daya bakar suatu bahan bakar. semakin tinggi, semakin baik. dan kapur barus yg isinya naphtalene itu juga sama-sama berasal dari minyak bumi. wajar aja klo hasil campurannya bisa meningkatkan nilai oktan.

tapi ga cuma sebagai kapur barus, pada dasarnya yg namanya naphtalene emang menimbulkan racun juga. mungkin ini alasan utama pertamina ga masukin kapur barus ke dalam bensin.

dari sisi akibat pada mesin, maap ga bisa jelaskan, gan :D

19. Over Gear - 13 Februari, 2012

dulu pernah pake beberapa kali.
tapi saran saya jangan pake di motor injeksi. karena timbul cairan seperti lendir pada hasil pencampuran bensin dengan kamper didasarnnya.
kalau untuk mesin dengan karburator sih saya rasakan ngga masalah, kerak? ngga memperhatikan saat dibongkar kop silindernya, biasa aja sih keraknya.
yang terasa pengendara dibelakangnya (selain oktan naik), mata pedes (mungkin racunnya).

joni - 12 Juni, 2012

kalau aku gak masalah.. ternyata oktanaya naik , lebih ringan..pembakaran

20. penggemar ninja - 13 Februari, 2012

bukan saja tidak disarankan, tapi gas buang nya beracun..

jgn dipakai, dah banyak yg bahas kok,

kasihan orang lain yg menghirup udara beracun

21. Gagahgati - 19 Februari, 2012

bener bro. kt yg make gak terasa tp tmn yg d blkng d ingat.

22. irwan RACING TUNER - 20 Februari, 2012

JANGAN DILAKUKAN !!!, motor saya ninja 250 R standar ,saya kasih premium campur kapur barus , Tarikan gas normal .Begitu gigi 4 ,Rpm 10.000 , mesin ngeluarin asap putih, lalu brokk brokk… berhenti , mogok. Pas dicek di bengkel , stang piston patah, trus banyak kerak item di blok sama head,. saran saya jangan dicoba…thanks.

didit - 22 Oktober, 2013

pasti caranya ngawur….pemberian kapur barus lebih aman di taruh di box filter udara dan gunakan tempat yang aman jangan asal taruh aja

23. tony - 15 April, 2012

Angka oktana suatu bensin adalah salah satu karakter yang menunjukkan mutu bakar bensin
tersebut, yang dalam prakteknya menunjukkan
ketahanan terhadap ketukan (knocking). Suatu
bensin harus mempunyai mutu bakar yang baik agar
mesin dapat beroperasi dengan mulus, efisien dan
bebas dari pembakaran tidak normal selama pemakaianya. Setiap kendaraan mempunyai kebutuhan angka
oktana tertentu. Kebutuhan angka oktana kendaraan
bermotor bensin tidak sama antara satu merek
dengan merek lainnnya atau antara satu tipe dengan
tipe lainnya untuk merek yang sama, tergantung
pada perbandingan kompresi mesin dan faktor- faktor lainnya yang berpengaruh terhadap
kebutuhan angka oktana. Pengujian kebutuhan
angka oktana kendaraan bertujuan untuk
mengetahui tingkat angka oktana suatu kendaraan.
Dengan diketahuinya kebutuhan angka oktana suatu
kendaraan, maka secra teknis dapat ditentukan level angka oktana bensin yang akan digunakan untuk
kendaraan tersebut. Utk menentukan nilai oktan, ditetapkan 2 jenis
senyawa sbg pembanding yaitu isooktana dan n- heptana.Suatu campuran yg terdiri 80% isooktana dan dan 20% n-heptana mempunyai nilai oktan
80.Jadi untuk melihat mutu bensin yg baik, dilihat dari
nilai oktannya. Semakin tinggi nilai oktannya, mutu
bensin semakin baik. Bensin yang digunakan oleh suatu kendaraan harus
mempunyai angka oktana yang sesuai dengan
kebutuhan angka oktana mesin kendaraan. Angka
oktana yang lebih rendaha dari kebutuhan angka
oktana mesin kendaraan akan menyebabkan
terjadinya ketukan atau detonasi pada mesin. Ketukan yang terjadi pada mesin menimbulkan bunyi
yang tidak enak dan membuang energi bahan bakar
sehingga terjadi pemborosan. Terjadinya ketukan
dalam waktu yang cukup lama akan menyebabkan
piston, katup-katup dan busi terlalu panas (overhead)
Hal ini dapat memperpendek umur mesin. Cara Menaikkan Angka Oktan 1. Salah satu cara (banyak cara yg lain) untuk
menaikkan nilai oktan adalah penambahan TEL (tetra ethyl lead) kedalam bensin yg bernilai oktan
rendah. Caranya sederhana, mixing saja. Namun
kemudian diketahui penambahan aditif penambah
nilai oktan ini berbahaya dari segi kesehatan dan
lingkungan. Pada intinya bensin beroktan tinggi ini bisa
didapatkan dengan merubah struktur molekul
hidrokarbon penyusun bahan bakar. Sehingga
dengan bantuan katalis pada kondisi operasi
tertentu, struktur molekul parafinik (bernilai oktan
rendah), bisa diubah menjadi struktur naftenik, dan naftenik menjadi aromatik. Dimana nilai oktan
aromatik > naftenik > parafinik. 2. Menambahkan Naphtalene pada bensin. Naphtalene merupakan suatu larutan kimia yang
memberikan pengaruh positif untuk meningkatkan
angka oktan dari bensin. Besarnya angka oktan ini
dapat diukur dengan mesin CFR. Dalam hal ini terlihat bahwa naphthalene merupakan
bahan yang mampu meningkatkan angka oktan
tetapi naphtalene sendiri bukan bahan bakar
sehingga panas pembakaran campuran akan lebih
rendah dari pada bensin murni. Karena bentuk struktur kimia serta sifat
kearomatisan tersebut naphtalene seperti halnya
benzena, mempunyai sifat antiknock yang baik. Oleh
sebab penambahan naphtalene pada bensin akan
meningkatkan mutu antiknock dari bensin tersebut. 3. Menambahkan MTBE (Metil tersier-butileter). Bensin jenis premix menggunakan campuran MTBE
tanpa TEL

24. hadi thoxk - 31 Agustus, 2012

rasanya sih kalo d kamper trikan lbeh ok. tp smua tergantung sma pemakiannya. klo pemakian kendaraan ksar ya pake kamper ato gak jg cpet jebol boooos

didit - 22 Oktober, 2013

betul..setuju ..kalau enggak percaya liat kasus Ninja R 250, yang jebol

25. hadi thoxk - 31 Agustus, 2012

rasanya sih kalo d kamper trikan lbeh ok. tp smua tergantung sma pemakiannya. klo pemakian kendaraan ksar ya pake kamper ato gak jg cpet jebol boooos
tergantung gmna kita mengoprasikan kendaraan itu. lihat kebutuhan booos

26. indrok - 19 Oktober, 2012

kapur barus lebih baik dipakai utuk mobil kluaran 2000 ke atas bersihkan kerak bisa pakai injector cleanner,..ogut sudah coba pada tarjo 2001 biasanya agar ngak brebet gua irek pakai pertamak berhubung dompet lagi tipis skrg ireknya kapur barus. full tangki cukup 4 butir.

27. Yunizal padang - 9 Januari, 2013

Ja


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 774 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: